Tips Menggunakan Keyboard

Keyboard
Tips Menggunakan Keyboard
Keyboard masih memegang peranan utama untuk menambahkan teks ke computer, meskipun saat ini telah dikembangkan program handwriting dan perekam suara di mana pemasukan teks dilakukan dengan merakam tulisan tangan atau merekam suara,dan kemudian menerjemaah kannya menjadi teks, namun kedua teknologi tersebut belum banyak digunakan.

Tombol-tombol Pada Keyboard

Keyboard mempunyai tombol-tombol yang digunakan untuk mewakili abjad dan angka-angka.,Di samping itu keyboard juga mempunyai tombol-tombol dengan fungsi-fungsi khusus, Antara lain :
  • Enter : Digunakan untuk menjalankan satu perintah, membuka program dan memulai sebuah paragraf baru dalam sebuah pengetikan.
  • Space bar : berfungsi untuk membuat jarak antara kata pada saat pengetikan. Space bar merupakan tombol paling panjang di keyboard .
  • F1-F12 : berfungsi untuk menjalankan perintah perintah tertentu.
  • Caps lock : bila di aktifkan caps lock akan mengaktifkan huruf besar.
  • Shift : untuk mengaktifkan huruf besar atau fungsi kedua dan tombol untuk satu karakter.
  • Cltr : sebagai tombol kombinasi untuk menjalankan perintah tertentu.
  • Back Space : menghapus satu karakter terakhir yang diketik.
  • Alt : sebagai tombol untuk mengaktifkan menu bar dan tombol kombinasi
  • Dll
Kita menambahkan teks dan angka ke komputer dengan cara menekan tombol –tombol di keyboard . setiap huruf dan angka mempunyai satu tombol di keyboard . Secara otomatis bila kita menekan tombol teks di keyboard akan di hasilkan huruf kecil. Untuk menghasilkan huruf kapital kita harus menekan tombol Shift dan huruf yang bersangkutan secara bersaman maka dapat kita lakukan dengan menekan tombol Caps Lock.
Selain tombol huruf dan angka Keyboard juga di lengkapi dengan tombol tombol perintah. Bila masing masing tombol (ata kombinasi tombol )tersebut diketikan sebuah pereintah tertentu akan dijalankan. Daftar tombol tombol dan perintah yang dijalankan dapat kita lihat pada tabel 1.1

. Tabel 1.1 Tombol tombol perintah di keyboard

Tombol
Fungsi
F1
Mendapatkan bantuan (Office Assistant)
F2
Memindahkan teks atau gambar
F3
Menambah sebuah asukan Auto text
F4
Mengulangi aksi terakhir
F5
Menjalankan perintah Go To (menu edit)
F6
Berpindah ke panel atau frame berikutnya
F7
Menjalankan perintah Spelling (menu tools)
F8
Memperbesar pilihan (saat memilih teks)
F9
Memperbaharui field yang dipilih
F10
Mengaktifkan menu bar
F11
Berpindah field berikutnya
F12
Menjalankan perintah Save As (menu file)

Mengetik 10 Jari
Mengetik Sistem 10 jari merupakan sistem mengetik dengan memanfaatkan kesepuluh jari tangan yang kita miliki. Masing masing jari kita mempunyai tugas untuk menekan tombol tombol keyboard tertentu. Tugas dari masing masing jari dapt di lihat pada tabel di bawah ini:

Tabel Tombol keyboard dan jari tangan
No
Jari jari
Tombol Hruf
1
Kelingking kiri
Q,A,Z
2
Manis kiri
W,S,X
3
Tengah kiri
E,D,C
4
Telunjuk kiri
R,T,F,G,V,B
5
Ibu jari kiri
Spasi
6
Ibu jari kanan
Spasi
7
Telinjuk kanan
Y,U,H,J,N,M
8
Tengah kanan
I,K, Koma,(,)
9
Manis kanan
O,L, Titik (.)
10
Kelingking kana
P, ( [ ),( ]  ), Titik dua ( : ), ( ‘ ) dan ( / )

Tujuan sistem ini adalah agar kita dapat mengetik dengan cara yang cepat. Hal ini di karenakan kita tidak perlu lagi memperhatikan satu persatu tombol keyboard yang akan di tekan karena jari jari kita yang sudah terlatih dapat menekan tombol yang diperlukan tanpa harus melihat tombol keyboard.

Posisi jari Dan Telapak tangan
Penempatan jari jari pada keyboard, selama kita mengetik kita menempatkan setiap jari di tombol yang disebut dengan tombol terminal. Setiap akan menekan tombol tertentu jari berpindah ke tombol tersebut menekannya kemudian kembali lagi ke tombol terminalnya. Tombol terminal untuk masing masing jari dapat di lihat pada tabel di bawah ini;

Tabel tombol terminal jari
No
Jari jari
Posis jari
1
Kelingking kiri
A
2
Manis kiri
S
3
Tengah kiri
D
4
Telunjuk kiri
F
5
Ibu jari kiri
Spasi
6
Ibu jari kanan
Spasi
7
Telunjuk kanan
j
8
Tengah kanan
k
9
Manis kanan
l
10
Kelingking kana
Titik dua (;)

Pada saat kita meletakan jari jari di tombol terminal masing masing, maka kita harus mengatur agar beban telapak tangan kita dibagi merata pada semua jari jari tersebut . Dan apabila sebuah jari akan menekan tombol terntu, Maka beban tumpun dipindahkan kejari yang lain.
Selama proses mengetik telapak tangan harus di angkat dan tidak boleh bersentuhan pada keyboard maupun meja komputer. Bila telapak tangan diletakan di atas keyboard atau meja , mak kita akan kesulitan untuk menggerakan jari jari pada saat akan menekan tombol tertentu.

Karakteristik jari
Masing masing jari memiliki karakteristik sendiri, ibu jari merupakan jari yang paling kuat, namun tidak mempunyai jangkauan yang panjang dan hanya mempunyai ruang bebas kebagian samping telapak tangan.
Di anatara ke empat jari yang lain, jari telunjuk merupakan jari yang paling mudah kita gerakan dan mempunyai kekusatan paling besar untuk menekan sehingga tidak heran jika dalam sistem mengetik 10 jari, jari telinjuk mempunyai tugas untuk menekan tombol paling banyak.
Di banding jari telunjuk jari tengah memang lebih sulit untuk di gerakan, namun jari tengah masih dapat di latih dengan cepat.
Jari manis adalah jari yang sukar digerakkan, lebih sulit dari jari telunjuk dan jari tengah, sehingga sering kali membutuh waktu yang lama untuk merespon perintah menekan tombol tertentu.
Jari kelingking merupakan jari yang paling lemah dalam menekan tombol keyboard. Kita dapat melatih kekuatan jari kelingking dengan cara sering menekan nekan kan jari tersebut.
* Tips Menggunakan Keyboard komputer





Ingin artikel seperti » Tips Menggunakan Keyboard « langsung di kirim ke email? Silahkan masukan alamat email anda untuk mendapatkannya,
{GRATIS}

CATATAN: Harap periksa kotak masuk Email Anda untuk pesan verifikasi / Aktivasi berlangganan artikel gratis ini !!

Advertisement