Membuat, menyimpan, menutup, dan membuka dokumen

Membuat, Menyimpan, Menutup, dan Membuka Dokumen di Microsoft word 2007 > Untuk membuat dokumen baru, dapat dilakukan dengan cara berikut :
  1. Klik Office Button > New sehingga muncul jendela baru yang menampilkan
  2. bagian New Document.
  3. Setelah itu pilihlah Blank Document untuk membuat dokumen. ( Dapat juga memilih salah satu dokumen template untuk membuat dokumen baru berdasarkan template yang telah disediakan. )
Di dalam Quick Access Toolbar juga terdapat tombol New (Gambar 4) yang berfungsi untuk membuat dokumen baru tanpa melalui jendela baru.

Tombol New di Quick Access Toolbar
Tombol New di Quick Access Toolbar
Sebelum memulai dokumen, sebaiknya atur properti terlebih dahulu. Pengaturan properti mempengaruhi hasil cetakan. Pengaturan properti dapat dilakukan dengan mengklik menu Page Layout. Kemudian pada ribbon Page Setup, klik ikon kecil pada pojok kanan bawah Contoh gambar di bawah ini

Ribbon Page Setup
Ribbon Page Setup

sehingga muncul kotak dialog Page Setup  Contoh  gambar di bawah ini

Kotak dialog Page Setup
Kotak dialog Page Setup
Kotak dialog ini terdiri dari tiga bagian, yaitu Margins, Paper, dan Layout.
  • Margins : untuk menentukan batas atas (Top), kiri (Left), kanan (Right), dan bawah (Bottom) dokumen, dan ada juga orientasi kertas. Gambar 6 menunjukan margin halaman.
  • Paper Size : untuk menentukan ukuran kertas yang akan digunakan dengan memilih opsinya pada menu drop-down. Jika menginginkan ukuran kertas sendiri, dapat diisi nilainya secara langsung pada kotak Width dan Height.

    Margin halaman

Untuk menyimpan dokumen baru, secara default nama dokumen yang dibuat akan
berurutan, yaitu Document 1, Document 2, Document 3, dan seterusnya. Cara
untuk menyimpan dokumen adalah sebagai berikut:
  1. Klik Office Button>Save atau Office Button>Save As sehingga muncul kotak dialog Save As Contoh  gambar di bawah ini.
    Kotak dialog Save As
    Kotak dialog Save As
  2. Di dalam kotak dialog tersebut, lakukan pengaturan sebagai berikut:
    • Save in: tentukan lokasi folder tempat dokumen akan disimpan.
    • File name: ketikkan nama untuk identifikasi dokumen.
    • Save as type: type dokumen, gunakan default yang diberikan, yaitu Word Document.
    • Klik tab Save untuk menyimpan dokumen tersebut.
Untuk menyimpan dokumen lama yang telah diedit, klik Office Button>Save. Apabila dokumen tersebut hendak disimpan dengan nama yang berbeda, klik Office Button>Save As sehingga caranya sama seperti menyimpan dokumen baru. Apabila dalam menyimpan dokumen, nama yang digunakan sama dengan
nama yang sudah ada di dalam folder, maka kotak konfirmasi seperti pada Gambar di bawah ini akan muncul.
Kotak konfirmasi penyimpanan
Kotak konfirmasi penyimpanan
  • Replace exiting file: menimpa file yang sudah ada dengan dokuman baru.
  • Save change with a different name: menyimpan dokumen baru denga nama lain.
  • Merge into exiting file: menggabungkan perubahan yang dilakukan kedalam file yang sudah ada.
Setelah selesai mengedit dokumen dan memastikan sudah menyimpannya, ada beberapa cara untuk menutup dokumen, yaitu:
  • Klik Office Button>Close.
  • Klik tombol Close Window yang terdapat dalam Title Bar.
Dokumen yang telah disimpan dapat dibuka dengan salah satu cara berikut:
  • Klik Office Button>Open.
  • Klik tombol Open yang terdapat di dalam Quick Access Toolbar.
Sehingga muncul kotak dialog Open , kemudian pilih file dokumen yang hendak dibuka.




Ingin artikel seperti » Membuat, menyimpan, menutup, dan membuka dokumen « langsung di kirim ke email? Silahkan masukan alamat email anda untuk mendapatkannya,
{GRATIS}

CATATAN: Harap periksa kotak masuk Email Anda untuk pesan verifikasi / Aktivasi berlangganan artikel gratis ini !!

Advertisement