Mouse (komputer)

Mouse
Dalam komputasi, sebuah mouse adalah perangkat penunjuk yang berfungsi dengan mendeteksi gerakan dua dimensi relatif terhadap permukaan pendukungnya. Secara fisik, mouse terdiri dari sebuah objek yang diselenggarakan di bawah salah satu tangan pengguna, dengan satu atau lebih tombol. (Meskipun secara tradisional biasanya tombol bulat atau persegi, tikus modern daerah spring-loaded dari permukaan atas mereka yang beroperasi switch ketika menekan ringan.) Kadang-kadang fitur unsur-unsur lain, seperti "roda", yang memungkinkan pengguna untuk melakukan berbagai tergantung sistem operasi, atau tombol tambahan atau fitur yang dapat menambah kontrol atau masukan dimensi. Mouse's motion biasanya diterjemahkan ke dalam gerakan kursor pada layar, yang memungkinkan untuk kontrol yang baik dari antarmuka pengguna grafis.
Nama mouse berasal di Stanford Research Institute dan berasal dari kemiripan model awal yang memiliki kabel yang menempel pada bagian belakang perangkat (menyarankan ide ekor) ke umum mouse.
Mouse dikirim terpadu pertama kali dipasarkan pada tahun 1970 oleh perusahaan Jerman Telefunken sebagai bagian dari-SIG 100 konsol untuk komputer TR440 Telefunken. Telah diterbitkan di sebuah majalah, dua bulan sebelum Douglas Engelbart memperkenalkan modelnya.

Mouse terpadu kedua dipasarkan, dikirim sebagai bagian dari komputer dan ditujukan untuk navigasi komputer pribadi, datang dengan Xerox 8010 Star Information System pada tahun 1981. Namun, mouse tetap relatif jelas sampai munculnya Apple Macintosh. Penggunaan tikus dengan komputer desktop sekarang di mana-mana dan mereka banyak tersedia untuk pembelian terpisah.

Penamaan

Publikasi pertama dikenal istilah "mouse"Sebagai perangkat penunjuk ini pada tahun 1965 publikasi Bill bahasa Inggris itu" Computer-Aided Display Control ".
The Compact Oxford Kamus Inggris (Edisi ketiga) dan edisi keempat The American Heritage Kamus Bahasa Inggris mendukung keduanya tikus komputer dan mouse komputer sebagai bentuk jamak yang benar untuk mouse komputer. Beberapa penulis dokumen teknis yang mungkin lebih baik perangkat mouse atau yang lebih umum menunjuk perangkat. Bentuk jamak mouse memperlakukan mouse sebagai "kata benda headless".
Dua manual gaya dalam industri komputer-Sun's Publikasi Teknis Read Me First: Panduan Style untuk Industri Komputer dan Microsoft Manual of Style untuk Publikasi Teknis dari Microsoft Press-merekomendasikan bahwa penulis menggunakan istilah teknis perangkat mouse bukan alternatif

Awal tikus

trackball ini diciptakan oleh Tom Cranston, Fred Longstaff dan Kenyon Taylor bekerja pada proyek DATAR Royal Canadian Angkatan Laut pada tahun 1952. Ia menggunakan bola Kanada standar lima-pin bowling. Itu tidak dipatenkan, karena merupakan proyek militer rahasia.
Independen, Douglas Engelbart di Stanford Research Institute menemukan prototipe mouse pertama pada tahun 1963, dengan bantuan koleganya Bill Inggris. Engelbart tidak pernah menerima royalti untuk itu, sebagai patennya berlari keluar sebelum menjadi banyak digunakan di komputer pribadi.
Penemuan mouse hanya sebagian kecil dari proyek Engelbart jauh lebih besar, yang ditujukan untuk menambah intelek manusia

Awal tikus

trackball ini diciptakan oleh Tom Cranston, Fred Longstaff dan Kenyon Taylor bekerja pada proyek DATAR Royal Canadian Angkatan Laut pada tahun 1952. Ia menggunakan bola Kanada standar lima-pin bowling. Itu tidak dipatenkan, karena merupakan proyek militer rahasia.
Independen, Douglas Engelbart di Stanford Research Institute menemukan prototipe mouse pertama pada tahun 1963, dengan bantuan koleganya Bill Inggris. Engelbart tidak pernah menerima royalti untuk itu, sebagai patennya berlari keluar sebelum menjadi banyak digunakan di komputer pribadi.
Penemuan mouse hanya sebagian kecil dari proyek Engelbart jauh lebih besar, yang ditujukan untuk menambah intelek manusia

Beberapa lainnya percobaan menunjuk-perangkat yang dikembangkan untuk oN Engelbart's-Line System (NLS) dieksploitasi gerakan tubuh yang berbeda - misalnya, kepala-mount perangkat yang terpasang pada dagu atau hidung - tapi akhirnya mouse menang karena kesederhanaan dan kenyamanan. Mouse pertama, sebuah alat besar (foto) menggunakan dua roda gigi-roda saling tegak lurus: rotasi setiap roda diterjemahkan ke dalam gerakan sepanjang satu sumbu. Engelbart diterima US3 paten, 541.541 pada tanggal 17 November 1970 untuk sebuah "Posisi XY Indikator Sistem Display". Pada saat itu, Engelbart dipertimbangkan bahwa pengguna akan memegang mouse terus menerus di satu tangan dan ketik pada keySet akord lima-key dengan yang lain.Konsep ini diawali pada abad ke-19 oleh telautograph, yang juga mengantisipasi mesin faks.

Hanya beberapa minggu sebelum Engelbart merilis demo pada 1968, mouse sudah dikembangkan dan diterbitkan oleh perusahaan Telefunken Jerman. Tidak seperti mouse Engelbarts, model Telefunken memiliki bola, seperti dapat dilihat dalam model kemudian kebanyakan hingga saat ini. Sejak tahun 1970 ia dikirim sebagai bagian dan dijual bersama dengan Telefunken Komputer. Beberapa model dari tahun 1972 yang masih terawat dengan baik
Mouse terpadu kedua dipasarkan - dikirimkan sebagai bagian dari komputer dan ditujukan untuk navigasi komputer pribadi - datang dengan Xerox 8010 Star Information System pada tahun 1981. Namun, mouse tetap relatif jelas sampai munculnya Apple MacIntosh, termasuk versi terbaru dari Mouse Lisa asli. Pada tahun 1984 PC kolumnis John C. Dvorak acuh berkomentar pada komputer baru dirilis dengan mouse: "Tidak ada bukti bahwa orang-orang ingin menggunakan hal-hal ini"
Konektivitas dan protokol komunikasi
Untuk mengirimkan masukan mereka, tikus khas kabel menggunakan kabel listrik yang tipis mengakhiri dalam konektor standar, seperti RS,-232C PS / 2, ADB atau USB. Cordless tikus bukannya mengirimkan data melalui radiasi infra merah (lihat IrDA) atau radio (termasuk Bluetooth), meskipun banyak antarmuka nirkabel tersebut sendiri terhubung melalui kabel serial bus tersebut.
Sementara antarmuka listrik dan format data yang dikirimkan oleh umum tikus yang tersedia saat ini standar pada USB, di masa lalu itu bervariasi antara produsen yang berbeda. Sebuah mouse bus menggunakan kartu antarmuka didedikasikan untuk koneksi ke PC IBM atau komputer yang kompatibel.
Mouse digunakan dalam aplikasi DOS menjadi lebih umum setelah diperkenalkannya mouse Microsoft, terutama karena Microsoft memberikan standar terbuka untuk komunikasi antara aplikasi dan perangkat lunak driver mouse. Dengan demikian, aplikasi yang ditulis untuk menggunakan standar Microsoft dapat menggunakan mouse dengan driver Microsoft yang kompatibel (bahkan jika hardware mouse itu sendiri tidak kompatibel dengan Microsoft). Sebuah catatan kaki yang menarik adalah bahwa Microsoft berkomunikasi standar driver mouse gerakan dalam satuan standar yang disebut "mickeys".


Serial interface dan protokol

tikus PC Standar sekali menggunakan port serial RS-232C melalui konektor D-sub-miniaturl, yang memberikan kekuatan untuk menjalankan rangkaian mouse dan juga data tentang gerakan mouse. Mouse Systems Corporation digunakan versi protokol lima-byte dan didukung tiga tombol. Versi Microsoft menggunakan protokol tiga-byte yang tidak kompatibel dan hanya diperbolehkan untuk dua tombol. Karena ketidakcocokan, beberapa produsen menjual tikus serial dengan mode switch: "PC" untuk mode MSC, "MS" untuk Microsoft mode

PS / 2 interface dan protokol

Dengan kedatangan seri IBM PS / 2 pribadi-komputer pada tahun 1987, IBM memperkenalkan eponymous PS / 2 interface untuk mouse dan keyboard, yang produsen lain dengan cepat diadopsi. Perubahan yang paling terlihat adalah penggunaan sebuah mini 6-pin bundar-DIN, sebagai pengganti dari 5-pin konektor mantan. Dalam mode default (disebut Modus aliran) PS / 2 mouse berkomunikasi gerak, dan keadaan masing-masing tombol, dengan cara paket 3-byte. Untuk gerakan apapun, tekan tombol atau peristiwa melepas tombol, PS / 2 mouse mengirimkan, melalui port serial bi-directional, urutan tiga byte, dengan format sebagai berikut:

Bit 7 Bit 6 Bit 5 Bit 4 Bit 3 Bit 2 Bit 1 Bit 0
1 byte YV XV YS XS 1 MB RB LB
Byte 2 X gerakan
Byte 3 Y gerakan
Di sini, XS dan YS merupakan bit tanda dari vektor gerakan, XV dan YV mengindikasikan adanya overflow dalam komponen vektor masing-masing, dan LB, MB dan RB menunjukkan status tombol mouse sebelah kiri, tengah dan kanan (1 = ditekan). PS / 2 mouse juga memahami beberapa perintah untuk reset dan self-test, beralih antara modus operasi yang berbeda, dan mengubah resolusi dari vektor gerak dilaporkan.
Di Linux, mouse PS / 2 terdeteksi sebagai / dev / psaux perangkat.
Sebuah IntelliMouse Microsoft mengandalkan perpanjangan protokol / 2 PS: yang IMPS / 2 atau IMPS / 2 protokol (singkatan menggabungkan konsep "IntelliMouse" dan "PS / 2"). Ini awalnya beroperasi di PS standar / 2 format, untuk kompatibilitas ke belakang. Setelah itu tuan rumah mengirim urutan perintah khusus, itu beralih ke format diperpanjang di mana suatu byte keempat membawa informasi tentang gerakan roda. IntelliMouse Explorer bekerja analog, dengan perbedaan bahwa paket nya 4-byte juga memungkinkan untuk dua tombol tambahan (dengan total lima).
Topan mouse menggunakan paket 6-byte yang dapat muncul sebagai urutan dua paket 3-byte standar, seperti biasa bahwa PS / 2 pengemudi dapat menanganinya.
Mouse vendor juga menggunakan format diperpanjang lainnya, seringkali tanpa menyediakan dokumentasi publik.
Untuk 3-D (atau 6-derajat-of-kebebasan) input, vendor telah membuat banyak ekstensi baik untuk perangkat keras dan perangkat lunak. Pada 90-an Logitech diciptakan berdasarkan pelacakan USG 3D yang memberikan masukan kepada akurasi beberapa milimeter, yang bekerja dengan baik sebagai perangkat input tapi gagal sebagai produk menguntungkan. Pada tahun 2008, Motion4U memperkenalkan "OptiBurst" sistem menggunakan pelacakan IR untuk digunakan sebagai (perangkat lunak grafis) Maya plugin

Wikipedia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Komputer mouse)

Referensi

Powered by Blogger.