Monitor komputer
Awalnya monitor komputer yang digunakan untuk pengolahan data dan penerima televisi untuk hiburan, semakin komputer sedang digunakan baik untuk pengolahan data dan hiburan. Menampilkan eksklusif untuk menggunakan data cenderung memiliki rasio aspek 4:3; yang digunakan juga (atau semata-mata) untuk hiburan biasanya layar lebar 16:9, Kadang-kadang kompromi yang digunakan, misalnya 16:10
Ukuran layar
Ukuran tampilan sekitar empat persegi panjang biasanya diberikan sebagai jarak antara dua sudut layar yang berlawanan, yaitu diagonal dari persegi panjang. Satu masalah dengan metode ini adalah bahwa hal itu tidak mempertimbangkan aspek rasio layar, sehingga misalnya 16:09 21 (53 cm) layar lebar jauh lebih tinggi, dan memiliki luas kurang dari 21 tahun (53 cm) 04:03 layar. 04:03 Layar memiliki dimensi 16,8 × 12,6 di (43 × 32 cm) dan area persegi di 211 (1.360 cm2), Sedangkan layar lebar adalah 18,3 × 10,3 tahun (46 × 26 cm), 188 persegi di (1.210 cm2). Untuk berbagai tujuan tinggi layar merupakan parameter utama, sebuah layar 16:09 membutuhkan 22% lebih besar dari diagonal layar 4:3 untuk ketinggian yang sama.Metode pengukuran merupakan warisan dari metode yang digunakan untuk generasi pertama televisi CRT, ketika gambar tabung dengan wajah bundar yang umum dipakai. Menjadi lingkaran, hanya diameter mereka dibutuhkan untuk menggambarkan ukuran mereka. Karena tabung lingkaran digunakan untuk menampilkan gambar persegi panjang, pengukuran diagonal persegi panjang adalah setara dengan diameter wajah tabung itu. Metode ini terus berlanjut bahkan ketika sinar katoda tabung yang diproduksi sebagai persegi panjang bundar; itu keuntungan menjadi satu nomor menetapkan ukuran, dan tidak membingungkan jika rasio aspek itu universal 4:3.
Praktek yang bermasalah adalah penggunaan ukuran elemen pencitraan sebuah monitor, daripada ukuran gambar yang dapat dilihat, ketika menggambarkan ukurannya bahan publikasi dan iklan. Pada CRT menampilkan sebagian besar layar CRT adalah tersembunyi di balik panel kasus atau kain kafan untuk menyembunyikan di luar "daerah aman" pada monitor karena overscan. Praktik-praktik ini dianggap sebagai menipu, dan konsumen keberatan luas dan tuntutan hukum akhirnya terpaksa kebanyakan produsen untuk bukan ukuran dapat dilihat
Pengukuran kinerja
Kinerja monitor diukur dengan parameter berikut:- Luminance diukur dalam candelas per meter persegi (cd/m2 juga disebut Nit).
- Dapat dilihat ukuran gambar diukur secara diagonal. Untuk CRT, ukuran dapat dilihat biasanya 1 yang lebih kecil (25 mm) dibandingkan tabung itu sendiri.
- Aspek rasio adalah rasio panjang horisontal dengan panjang vertikal. 04:03 adalah rasio aspek standar, misalnya, sehingga layar dengan lebar 1024 piksel akan memiliki tinggi 768 piksel. Jika layar lebar memiliki rasio aspek 16:9, layar yang lebar 1024 piksel akan memiliki tinggi 576 piksel.
- Resolusi layar adalah jumlah piksel yang berbeda pada setiap dimensi yang dapat ditampilkan. Resolusi maksimum dibatasi oleh dot pitch.
- Dot pitch adalah jarak antara subpiksel dari warna yang sama dalam milimeter. Secara umum, semakin kecil dot pitch, makin tajam gambar akan muncul.
- Refresh rate adalah jumlah kali dalam satu detik yang menampilkan menyala. Refresh rate maksimum dibatasi oleh waktu respon.
- Waktu respon adalah waktu pixel di monitor yang diperlukan untuk pergi dari aktif (hitam) untuk tidak aktif (putih) dan kembali ke aktif (hitam) lagi, diukur dalam milidetik. rendah berarti angka transisi lebih cepat dan karena itu lebih sedikit artefak gambar terlihat.
- Rasio Kontras adalah rasio dari luminositas warna terang (putih) dengan yang warna gelap (hitam) yang monitor mampu menghasilkan.
- Konsumsi Daya diukur dalam watt.
- Melihat sudut adalah sudut maksimal di mana gambar pada monitor bisa dilihat, tanpa degradasi berlebihan pada gambar. Hal ini diukur dalam derajat horizontal dan vertikal.
Perbandingan
CRT
Pros:- Rentang dinamis tinggi (hingga sekitar 15,000:1), baik warna, gamut luas dan tingkat hitam rendah.
- Dapat menampilkan native di hampir semua resolusi dan refresh rate
- Tidak ada lag input
- Sub-millisecond respon kali
- Mendekati nol warna, saturasi, kontras atau distorsi kecerahan. Excellent sudut pandang.
- Biasanya jauh lebih murah daripada layar LCD atau Plasma.
- Memungkinkan penggunaan senjata ringan / pena
- ukuran besar dan berat, terutama untuk layar yang lebih besar (satu unit 20-inch berat sekitar 50 lb (23 kg))
- Tinggi konsumsi daya
- Menghasilkan jumlah yang cukup panas ketika menjalankan
- geometri distorsi yang disebabkan oleh jarak perjalanan berkas variabel
- Dapat menderita layar burn-in
- Menghasilkan terlihat kedipan pada refresh rate rendah
- Biasanya hanya diproduksi dalam rasio aspek 4:3
- Berbahaya untuk memperbaiki / service
- Resolusi vertikal Efektif terbatas ke 1024 scan lines.
- menampilkan Warna tidak bisa dibuat dalam ukuran lebih kecil daripada 7 inci (5 inci untuk monokrom). ukuran maksimum adalah 21 inci (untuk monitor komputer, televisi berjalan sampai 40 inci).
LCD
Pros:- Sangat kompak dan ringan
- Rendah konsumsi daya
- Tidak ada distorsi geometrik
- Sedikit atau tidak berkedip-kedip tergantung pada teknologi lampu latar
- Tidak terpengaruh oleh layar burn-in
- Tidak ada tegangan tinggi atau bahaya lain yang hadir selama perbaikan / jasa
- Lebih andal dari CRT
- Dapat dibuat di hampir semua ukuran atau bentuk
- Tidak ada batas teoritis resolusi
- Limited sudut pandang, menyebabkan warna, saturasi, kontras dan kecerahan bervariasi, bahkan dalam sudut pandang yang dimaksudkan, dengan variasi postur.
- Pendarahan dan tidak merata backlighting di beberapa monitor, menyebabkan distorsi kecerahan, terutama di bagian pinggir.
- Lambat respon kali, yang menyebabkan bedak, dan ghosting artefak. Modern LCD memiliki waktu respon 8 ms atau kurang.
- Hanya satu resolusi asli. Menampilkan resolusi baik membutuhkan scaler video, menurunkan kualitas persepsi, atau menampilkan jam 01:01 pemetaan pixel, di mana gambar akan secara fisik terlalu besar atau tidak akan memenuhi seluruh layar.
- kedalaman bit tetap, banyak murah LCD hanya dapat menampilkan 262.000 warna. 8-bit S-IPS panel dapat menampilkan 16 juta warna dan memiliki tingkat jauh lebih baik hitam, tapi mahal dan memiliki waktu respon lambat
- Input lag
- piksel Mati dapat terjadi baik selama manufaktur atau melalui penggunaan.
- Dalam sebuah konstanta pada situasi, thermalization mungkin terjadi, yaitu ketika hanya bagian dari layar terlalu panas dan karena itu tampak berubah warna dibandingkan ke seluruh layar.
- Tidak semua layar LCD yang dirancang untuk memungkinkan penggantian mudah lampu latar
- Tidak bisa digunakan dengan senjata ringan / pena
Plasma
Pros:
- Rasio kontras tinggi (10.000:1 atau lebih,) tingkat warna hitam yang sangat baik, gamut lebar dan rendah.
- Kecepatan respon tinggi.
- Mendekati nol warna, saturasi, kontras atau distorsi kecerahan. Excellent sudut pandang.
- Tidak ada distorsi geometris.
- Lebih lembut dan kurang gumpal-mencari gambar daripada LCD
- Sangat terukur, dengan berat badan kurang per bertambah besar (dari kurang dari 30 tahun (760 mm) lebar ke dunia terbesar di 150 (mm 3.800)).
- pitch pixel besar, yang berarti baik resolusi rendah atau layar besar.
- menampilkan plasma Warna tidak dapat dibuat dalam ukuran di bawah 32 inci
- kedipan terlihat bila dilihat dari jarak dekat
- Berat berat
- Layar Kaca dapat menginduksi silau dan refleksi
- Tinggi temperatur operasi dan konsumsi daya
- Hanya memiliki satu resolusi native. Menampilkan resolusi lainnya membutuhkan scaler video, yang menurunkan kualitas gambar pada resolusi yang lebih rendah.
- Tetap bit kedalaman
- Dapat menderita gambar burn-in. Ini adalah masalah yang parah pada display plasma awal, tapi lebih sedikit pada yang lebih baru
- Tidak bisa digunakan dengan senjata ringan / pena
- piksel mati adalah mungkin selama manufaktur
Dari Wikipedia, Ensiklopedia bebas
Referensi
- ^ Sebagai contoh dari aspek rasio 16:10, Dell Inspiron 1501 memiliki display 1280 × 800
- ^ Tampilan "Teknologi Tembak-Out: Membandingkan CRT, LCD, Plasma dan DLP Menampilkan", Dr Raymond M. Soneira, DisplayMate Technologies website
- ^ GRC | Asal Usul Sub-Pixel Font Rendering